Meningkatkan Keterampilan Passing Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Metode Bermain Abdurrahim, Syarif M. Alhuda
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui metode bermain pada siswa kelas VI SD Negeri 19 Pampang Kecamatan Sukadana. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 19 Pampang Kecamatan Sukadana berjumlah 33 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes passing dalam permainan sepak bola. Hasil penelitian pada pra siklus yang tuntas sebanyak 11 siswa atau 33%. terlihat masih sangat kurang siswa dalam keterampilan passing terdapat 22 siswa belum tuntas atau 67%, Pada Siklus I setelah menggunakan metode bermain siswa yang tuntas 61% atau sebanyak 20 siswa,tidak tuntas 39% atau sebanyak 13 siswa. Sedangkan siklus II yang dapat dilihat bahwa dari 33 siswa kelas VI SD Negeri 19 Pampang Kecamatan Sukadana terdapat yang tuntas sebanyak 28 siswa atau 85% dan 5 siswa tidak tuntas atau 15% .. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain terbukti dapat meningkatkan keterampilan passing menggunakan kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VI SD Negeri 19 Pampang
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas (Edisi revi). Bumi Aksara.
Emzir. (2013). Meteodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. PT.RajaGrafindo. Hasan:, M. (2013). Landasan pendidikan. Tahta Media Group.
Megawati, S., & Maksum, H.(2022).Analisis Penggunaan Metode Bermain Metode Terhadap Keterampilan Pasing Sepak Bola. Journal Sport Academy, 1(1), 3339 https://jurnal.jsa.ikippgriptk.ac.id/index.php/jsa/article/view/2
Panel;, Suhairi;, M., & Lauh;, W. D. A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Metode Bermain Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Siding Kabupaten Bengkayang. Journal Sport Academy, 1(1), 17–32. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/jsa.v1i1.4
Sisdiknas, U. (n.d.). UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 pasal 45 ayat 1.
Sugiyono. (2010). Motode Penelitian Bisnis, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D (Alfabeta).Tarigan;, B. (2001). Pendekatan Keterampilan Praktis dalam Pembelajaran Sepak Bola : konsep dan metode. Departemen Pendidikan Nasional.
Samsudin. (2014). Desain Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan(Litera Prenada Media Group (ed.)).
Supriatna, E., & Suhairi, M. (2021). Pengembangan Bola Soft untuk Mengembangkan Keterampilan Teknik Dasar dan Koordinasi Gerak Bolavoli di Sekolah Dasar. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(2), 83–101. https://doi.org/10.1080/10137548.2000.9687696
Susanto, Y. (2015). Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas IX B Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak. IKIP PGRI Pontianak.
Willi Susilo. (2014). Upaya Meningkatakan Kemampuan shooting melalui metode bermain Pada Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Raya.IKIP PGRI Pontianak.