Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Metode Bermain Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Siding Kabupaten Bengkayang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan peningkatan pembelajaran Shooting bola kaki dengan gaya mengajar melalui metode bermain. Ruang Lingkup Penelitian dalam penelitian ini dibedakan menjadi: (1) Variabel masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran shooting bola kaki., (2) Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah melalui metode bermain. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, adapun jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Alat penelitian yang digunakan berupa proses sikap, lembar observasi dan metode bermain. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Dari hasil tes pada prasiklus menunjukkan bahwa hasil belajar shooting bola kaki yang dilakukan oleh siswa meningkat dari 25% pada kondisi awal menjadi 60% pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 85% pada akhir siklus II. Indikator target capaian pada siklus II adalah 75%. Dari hasil belajar siswa yang ditunjukkan, presentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 85%, artinya target capaian pada siklus II sudah tercapai.Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran shooting bola kaki dapat ditingkatkan melalui metode bermain.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas (Edisi revi). Bumi Aksara.
Gunawan, Suhairi, M., & Daryanto, Z. P. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Lempar Turbo Dengan Modifikasi Media Belajar Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 2(1), 17–28. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/ijpess/article/view/216
Hadiqie. (2013). Menjadi Pemain Sepakbola Profesional. Kata Pena.
Hamalik. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Lutan, R. (1988). Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode (D. Dikti (ed.)).
Mashud. (2015). Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Era abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–114.
Meilke, D. (2007). Dasar-Dasar Sepak Bola: Cara yang Lebih Baik Mempelajarinya. Pakar Jaya.
Onisimus. (2011). Manajemen Pendidikan di Era Onnotomi Daerah: konsep strategi dan implementasi. Alfabeta.
Robi Syuhada Istofian, & Amiq, F. (2016). Metode drill untuk meningkatkan teknik menendang Bola ( Shooting ) dalam permainan sepakbola usia 13-14 tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 1(1), 105–113.
Samsudin. (2014). Desain Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Litera Prenada Media Group (ed.)).
Supriatna, E., & Suhairi, M. (2021). Pengembangan Bola Soft untuk Mengembangkan Keterampilan Teknik Dasar dan Koordinasi Gerak Bolavoli di Sekolah Dasar. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(2), 83–101. https://doi.org/10.1080/10137548.2000.9687696
Susanto, Y. (2015). Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas IX B Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak. IKIP PGRI Pontianak.
Willi Susilo. (2014). Upaya Meningkatakan Kemampuan shooting melalui metode bermain Pada Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Raya. IKIP PGRI Pontianak.