Pengaruh Metode Drill Terhadap Passing Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Siswa Ekstrakurikuler
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan metode drill terhadap kemampuan passing kaki bagian dalam pada permainan sepakbola siswa ekstrakulikuler di SMPN 4 Putussibau Utara Kapuas Hulu. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi penelitian yaitu siswa ekstrakulikuler berjumlah 20 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu tes awal dan tes akhir dengan jenis One- Group pretest-posttest Design. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes passing kaki bagian dalam yaitu tes menendang bola ke dinding dengan jarak 3 meter. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan analisis uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan metode drill memberikan pengaruh yang signifikan dengan nilai thitung 6,207> ttabel 1,734.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2013). Suatu Pendekatan Praktik Penelitian. In Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Asrul, M., Nugraha, T., & Kasih, I. (2021). Differences in the Effect of Small Sided Game and Drill Training Methods on Passing Accuracy and V02Max in Football Games in High School Students. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 458–464. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1627
Daryanto, Z. P., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Latihan Kelincahan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(12), 201–212. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/87/85
Effendi, A. R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Menggunakan Metode Drill. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 65–74.
Hadiqie. (2013). Menjadi Pemain Sepakbola Profesional. Kata Pena.
Indrakasih, D. R. M. (2018). Dampak Mesin Drill Terhadap Keterampilan Smash Bola Volly. Seminar Nasional Inovasi Keolahragaan Tahun 2018. Inovasi Distruptif Menuju Industri Olahraga Era Rovolusi Industri 4.0”. https://doi.org/ISBN: 978-602-53788-0-5
Lutan, R. (1988). Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode (D. Dikti (ed.)).
Nana, S. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Robi Syuhada Istofian, & Amiq, F. (2016). Metode drill untuk meningkatkan teknik menendang Bola ( Shooting ) dalam permainan sepakbola usia 13-14 tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 1(1), 105–113.
Sagala, S. (2006). Konsep dan makna Pembelajaran. Alfabeta.
Soekatamsi. (2001). Permainan Besar I Sepakbola. Universitas Terbuka.
Sugiyanto, & Sudjarwo. (1991). Belajar Gerak. Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2010). Motode Penelitian Bisnis, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D (Alfabeta).
Suhairi, M., & Arifin, Z. (2022). Pengembangan Alat Drill Smash Bola Voli Berbasis Reaksi Menggunakan Android. MULTILATERAL : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 21(1), 71–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v21i1.12418
Suhairi, M., & Dewi, U. (2021). Variasi dan Kombinasi Teknik Dasar Permainan Bolavoli untuk Pegangan Guru dan Pelatih. Putra Pabayo Perkasa. https://doi.org/ISBN: 9786239538187
Yunus, M. (1992). Olahraga Pilihan Bola Voli. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.