Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola voli Melalui Model Pembelajaran Resiprokal

Main Article Content

Khairul Ahmad
Zusyah Porja Daryanto

Abstract

The title of this study is an attempt to improve the learning of volleyball underhand passing with a reciprocal
teaching style in class VIII C students of SMP Negeri 3 Jawai, Sambas Regency. The problem in this study is how to
improve the learning of passing under volleyball with a reciprocal teaching style in class VIII C students of SMP
Negeri 3 Jawai, Sambas Regency? In particular, this study aims to describe the planning, implementation,
observation, reflection and improvement of volleyball underhand passing learning with a reciprocal teaching style in
class VIII C students of SMP Negeri 3 Jawai, Sambas Regency. The results showed that using a reciprocal teaching
style could increase the learning outcomes of passing under volleyball. From the test results in cycle II it showed that
the learning outcomes of passing under volleyball carried out by students increased from 26% in the initial
conditions to 44.11% at the end cycle I and increased to 79.41% at the end of cycle II. The target achievement
indicator in cycle II is 75%. From the student learning outcomes shown, the percentage of completeness of student
learning outcomes is 79.41%, meaning that the achievement target in cycle II has been achieved..


Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dapat meningkat hasil belajar passing bawah bola voli,  Dari hasil tes pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar Passing bawah bola voli yang dilakukan oleh siswa meningkat dari 26% pada kondisi awal menjadi 44,11% pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 79,41% pada akhir siklus II. Indikator target capaian pada siklus II adalah 75%. Dari hasil belajar siswa yang ditunjukkan, prosentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 79,41%, artinya target capaian pada siklus II sudah tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
Ahmad, K. and Porja Daryanto, Z. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola voli Melalui Model Pembelajaran Resiprokal. Journal Sport Academy. 2, 1 (Aug. 2023), 01–12. DOI:https://doi.org/10.31571/jsa.v2i1.47.
Section
Articles

References

Arikunto Suharsimi. 2010 . Prosedur Penelitian Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmadi Nuril 2007. Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta : Era Pustaka Utama

Asmani Jamal Ma’mur. 2011. Tips Pintar PTK: Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : Laksamana.

Beutelstah Dieter. 2005. Bermain Bola Voli. Semarang: Aneka Ilmu

Darmadi Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Hadi Sutrisno, 1986. Statistik I Dan II. Yogyakarta : UGM.

Hamalik. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Husdarta H.JS. 2000. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta.

Kaswari, 2010. Strategi Belajar Mengajar Penjas. Bandung : Pustaka Setia

Kristianto Agus dan Priya Budi Santoso. 2011. Penelitian Pengajaran “Prinsip Dasar Metodelogi PTK. Dalam Penjas dan Kepelatihan Olahraga.”

Kristiyanto Agus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olah Raga. Surakarta : Sebelas Maret University Press.

Kristiyanto Agus. 2011. Memperluas Desain Permainan Bola Voli, Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Kusumah Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian tindakan kelas. Jakarta : Indeks.

Margono 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Munasifah. 2008. Bermain Bola Voli. Semarang: Aneka Ilmu

Nawawi Hadari. 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nawawi Hadari. 2004. Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta : University Press

Ngatiyono. 2004. Pendidikan jasmani teori dan praktik. Jakarta : Tiga Serangkai

Rosalin Elin. 2008. Bagaimana Menjadi Guru Inspiratif. Bandung : Karsa Mandiri Persada.

Rohendi Aep 2018. Metode Latihan dan Pembelajaran Bola Voli untuk Umum,Bandung Alfabeta

Roji. 2007. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdiknas.

Subowo Rita. 2005. Peraturan bermain Bola voli. Jakarta : FIVB.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.

Suhairi, M., & Dewi, U. (2021). Variasi dan Kombinasi Teknik Dasar Permainan Bolavoli untuk Pegangan Guru dan Pelatih. Putra Pabayo Perkasa. https://doi.org/ISBN: 9786239538187

Supriatna, E., & Suhairi, M. (2021). Pengembangan Bola Soft untuk Mengembangkan Keterampilan Teknik Dasar dan Koordinasi Gerak Bolavoli di Sekolah Dasar. MULTILATERAL : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(2), 83–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v20i2.10302

Suwandi Sarwiwiji. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah : Surakarta : Yuma Pressindo.

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas “Buku Panduan Wajib Bagi Para Pendidik.” Yogyakarta: Diva Press

Warsita Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran “Landasan dan Aplikasinya”. Jakarta : Rineka Cipta.

Wahyuni Sri Dkk. 2010. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Jakarta: Pusat Pembukuan Pendidikan Nasional.

Yunus M. 1992. Olahraga pilihan bola voli. Yogyakarta.

https://fortugaskuliah.wordpress.com/2013/01/16/makalah-tentang-metode-tugas-dan-metode-permainan ( diakses pada tanggal 20 januari 2020 pukul 19:45 wib ).