Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Metode Bermain di SDN Negeri 13 Munting Kecamatan Sukadana Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Metode Bermain di SDN Negeri 13 Munting Kecamatan Sukadana

Main Article Content

Andinata
Zusyah Porja Daryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui metode bermain pada siswa kelas VI SDN Negeri 13 Munting Kecamatan Sukadana. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Negeri 13 Munting Kecamatan Sukadana dengan subjek penelitian berjumlah 33 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan hasil tes siswa. Dari tes pra siklus terlihat masih sangat kurang siswa dalam keterampilan passing terdapat 22 siswa belum tuntas atau 67%, kemudian yang tuntas sebanyak 11 siswa atau 33%. Siklus I setelah menggunakan metode bermain siswa yang tuntas 61% atau sebanyak 20 siswa,tidak tuntas 39% atau sebanyak 13 siswa. Sedangkan berdasarkan tes akhir siklus II yang dapat dilihat bahwa dari 33 siswa kelas VI SDN Negeri 13 Munting Kecamatan Sukadana terdapat 5 siswa tidak tuntas atau 15% kemudian yang tuntas sebanyak 28 siswa atau 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain terbukti dapat meningkatkan keterampilan passing menggunakan kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan keterampilan passing siswa dalam permainan sepak bola yang baik, yaitu mengalami peningkatan nilai siswa dalam sisetiap siklus.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
Andinata and Daryanto, Z.P. 2023. Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Metode Bermain di SDN Negeri 13 Munting Kecamatan Sukadana: Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Metode Bermain di SDN Negeri 13 Munting Kecamatan Sukadana. Journal Sport Academy. 1, 2 (Jan. 2023), 45–52. DOI:https://doi.org/10.31571/jsa.v1i2.43.
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas (Edisi revi). Bumi Aksara.

Emzir. (2013). Meteodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif. PT RajaGrafindo.

Hasan:, M. (2013). Landasan pendidikan. Tahta Media Group.

Megawati, S., & Maksum, H. (2022). Analisis Penggunaan Metode Bermain dan Metode Drill

Terhadap Keterampilan Pasing Sepak Bola. Journal Sport Academy, 1(1), 33–39.

https://jurnal.jsa.ikippgriptk.ac.id/index.php/jsa/article/view/2

Panel;, Suhairi;, M., & Lauh;, W. D. A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting

Sepak Bola Melalui Metode Bermain Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3

Siding Kabupaten Bengkayang. Journal Sport Academy, 1(1), 17–32.

https://doi.org/https://doi.org/10.31571/jsa.v1i1.4

Sisdiknas, U. (n.d.). UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 pasal 45 ayat 1.

Sugiyono. (2010). Motode Penelitian Bisnis, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D

(Alfabeta).

Tarigan;, B. (2001). Pendekatan Keterampilan Praktis dalam Pembelajaran Sepak Bola : konsep

dan metode. Departemen Pendidikan Nasional