Upaya Meningkatkan Teknik Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI Sain SMA Santo Benediktus Pahauman Kabupaten Landak

Main Article Content

Iskandar
Billyadi Pratama
Mira Fuzita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bolavoli melalui metode problem based learning pada siswa kelas XI Sain SMA Swasta Santo Benediktus Pahauman tahun2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas,yang terdiri dari dua siklus, pada tiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Sain SMA Swasta Santo Benediktus Pahauman Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak tahun pelajaran 2022/2023, sebanyak 31 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil belajar passing bawah meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa pembelajaran passingbawah dengan menggunakan metode problem based learning dari siklus1sampai siklus 2. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi pada siklus1 aktivitas pembelajaran mencapai54%, dan pada siklus 2 sudah mencapai target yang telah ditetapkan yaitu sebesar 78%. Berdasarkan hasil evaluasi pada siklus1 kemampuan passing bawah siswa rata-rata adalah 78,68, dan yang mendapat nilai 75 (berdasarkanKKM) sebanyak 20 siswa (64,52%), kemudian pada siklus2 meningkat lagi dengan nilai rata-rata adalah 81,5038 dan yang mendapat nilai mencapai KKM sebanyak 25 siswa (80,64%). Pada akhir siklus2 hasil belajar siswa mencapai target yang diharapkan yaitu 80,64% siswa dapat mencapai nilai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
Iskandar et al. 2024. Upaya Meningkatkan Teknik Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI Sain SMA Santo Benediktus Pahauman Kabupaten Landak. Journal Sport Academy. 3, 1 (Aug. 2024), 07–12. DOI:https://doi.org/10.31571/jsa.v3i1.101.
Section
Articles

References

Baret,T,&Moore,S.,20011.New Approaches to Problem Based Learning:Revitalising your Practicein Higer Education. NewYork:Routledge.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kurniasih, I., & Berlin, S. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Mairani, E. (2017). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16.

Samsudin. (2014). Desain Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Litera Prenada Media Group, Ed.). Jakarta.

Suhairi, M., & Arifin, Z. (2024). Innovative volleyball training tool : AcuSpike drill with Android sound reactions. Journal Sport Area, 9(2), 279–294. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/sportarea.2024.vol9(2).12387

Sukarini, N. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Basket melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 4(3), 371–377.

Winarno, M. . (2013). Teknik Dasar Bermain Bola Voli (U. N. Malang, Ed.). Malang.

Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, 406–411.