Survei Penerapan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA se-Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau

Main Article Content

Yurike Prastika
Muhammad Suhairi
Awang Roni Effendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian Penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMA se-Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau dalam penerapan kurikulum 2013 dilihat dari segi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PJOK di SMA se-Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling berjumlah 15 guru dari wilayah Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMA se-Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau tergolong dalam kategori tinggi. Perencanaan pembelajaran sudah mengacu pada Kurikulum 2013, pelaksanaanya sudah memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran tetapi perlu ditingkatkan agar pembelajaran dapat lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
Prastika, Y., Suhairi, M. and Effendi, A.R. 2023. Survei Penerapan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA se-Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau. Journal Sport Academy. 1, 2 (Jan. 2023), 1–9. DOI:https://doi.org/10.31571/jsa.v1i2.17.
Section
Articles

References

Albantani;, & Muharom;, A. (2015). lmplementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2).

Anggraeni;, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Efendi;, I., Prawitasari;, & Susanto;, H. (2021). Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 21–25.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Panel;, Suhairi;, M., & Lauh;, W. D. A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Metode Bermain Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Siding Kabupaten Bengkayang. Journal Sport Academy, 1(1), 17–32. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/jsa.v1i1.4

Permatasari. (2019). Implementasi Pembelajaran PJOK Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP N se-Kecamatan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. FIK UNY Yogyakarta.

Rokim;, M. (2016). Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Guru PJOK di SMA Negeri Se Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1).

Sa’bani;, F. (2017). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosar. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13–22.

Sufairoh. (2016). Pembelajaran Saintifik dan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116–125.

Sugiyono. (2010). Motode Penelitian Bisnis, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D (Alfabeta).

Suhairi, M., & Dewi, U. (2021). Variasi dan Kombinasi Teknik Dasar Permainan Bolavoli untuk Pegangan Guru dan Pelatih. Putra Pabayo Perkasa. https://doi.org/ISBN: 9786239538187

Suhairi, M., Effendi, A. R., & Rajidin. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Multimedia. Penjaskesrek, 8(2), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v9i2.1912

Yamin;, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Referensi (GP Press Group).

Zamuri;, M., Hardika, N., Qosim;, A., & Salahuddin; (2022). Survei Sarana dan Prasarana Olahraga di Sekolah Dasar Negeri. Journal Sport Academy, 1(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/jsa.v1i1.5