Penerapan Model Pembelajaran Tenis Lapangan dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Ketegasan

Main Article Content

Dwi Hartanto

Abstract

Penelitian ini melihat sejauh mana model pembelajaran tenis lapangan dapat meningkatkan sikap ketegasan mahasiswa. Pendidikan karakter dalam arti luas adalah proses pembelajaran yang tujuanya untuk mengembangkan dan memperkuat sikap-sikap positif pada setiap peserta didik. Penelitian ini melihat sejauh mana model pembelajaran tenis lapangan dapat meningkatkan sikap ketegasan mahasiswa. Metode digunakan dalam penelitian ini dengan metode eksperimen yang meliputi tes awal, pembelajaran dan tes akhir untuk menguji kebenaran. Populasi yang dipakai sebanyak 15 mahasiswa IKIP PGRI Pontianak yang mengambil mata kuliah gerak dasar tenis lapangan. Dari hasil penelitian yang diperoleh di lapangan dan telah diolah maka hasil yang didapat sikap ketegasan meningkat dari tes awal sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran tes akhir. Sehingga dapat disimpulkan melalui pendidikan olahraga yang terstruktur memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik dan melalui olahraga peserta didik mampu mengembangkan berbagai macam nilai dan sikap positif terutama dalam sikap ketegasan. Pendidikan olahraga yang baik harus mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap aspek pelatihan dan kompetisi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
Hartanto, D. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Tenis Lapangan dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Ketegasan. Journal Sport Academy. 2, 1 (Aug. 2023), 32–39. DOI:https://doi.org/10.31571/jsa.v2i1.52.
Section
Articles

References

Blaser MA, Seiler R: Shared knowledge and verbal communication in football: Changes in Team Cognition through Collective Training. Frontiers in Psychology, 2019; Jan. 31; 10: 77. doi: 10.3389/fpsyg.2019.00077. eCollection.

Depdiknas .2003. Undang-Undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dorsch TE, Smith AL, McDonough MH: Early socialization of parents through organized youth sport. Sport, Exercise, and Performance Psychology, 2015; 4: 3-18.

Guddal MH, Stensland S, Småstuen MC, Johnsen MB, Zwart JA, Storheim K: Physical activity and sport participation among adolescents: Associations with mental health in different age groups. Results from the Young-HUNT study: A cross-sectional survey. BMJ Open, 2019; 9: e028555.

Huang J, Du C, Liu J, Tan G: Meta-analysis on intervention effects of physical activities on children and adolescents with autism. International Journal of Environmental Research and Public Health, 2020; 17: 1950.

Lisinskiene A: The effect of a 6-month coach educational program on strengthening coach-athlete interpersonal relationships in individual youth sport. Sports, 2018; 6: 74

Mossman GJ, Cronin LD: Life skills development and enjoyment in youth soccer: The importance of parental behaviours. Journal of Sports Sciences, 2019; 37: 850-856.

Nishida J, Hashimoto K, Kiuchi A, Tsutsumi T, Yamamoto K, Tanimoto H: Perceived benefits of physical education in university students and their effects on adjustment to university life. Taiikugaku Kenkyu, 2016; 61: 537-554.

Perani, I., Maksum, H., & ... (2022). Evaluasi Program Pembinaan Olahraga Tenis Lapangan di Kabupaten Sekadau. Journal Sport …, 1(2), 24–33. https://jurnal.jsa.ikippgriptk.ac.id/index.php/jsa/article/view/35%0Ahttps://jurnal.jsa.ikippgriptk.ac.id/index.php/jsa/article/download/35/12

Sarı İ, Soyer F, Gülle M: The role of perceived leadership behaviors as predictor of assertiveness levels in individual sport athletes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2014; 152: 446-450

Sarkova M, Bacikova-Sleskova M, Orosova O, et al.: Associations between assertiveness, psychological well-being, and self-esteem in adolescents. Journal of Applied Social Psychology, 2013; 43: 147-154.

Sisdiknas, U. (n.d.). UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 pasal 45 ayat 1.

Sucan S, Turan MB, Pepe O, Barış KB, Doğan D: The relationship of assertiveness and locus of control with learning styles of the physical education and sports School Students. International Journal of Science Culture and Sport, 2016; 4: 1-10.

Viğiter K: Improving the nursing students’ assertiveness skills by participating in recreational physical activities. International Journal of Sports Studies, 2013; 3: 258-261

Perani, I., Maksum, H., & ... (2022). Evaluasi Program Pembinaan Olahraga Tenis Lapangan di Kabupaten Sekadau. Journal Sport …, 1(2), 24–33. https://jurnal.jsa.ikippgriptk.ac.id/index.php/jsa/article/view/35%0Ahttps://jurnal.jsa.ikippgriptk.ac.id/index.php/jsa/article/download/35/12

Sisdiknas, U. (n.d.). UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 pasal 45 ayat 1.

Yurike, P., Suhairi;, M., & Roni;, A. (2022). Survei Penerapan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA se-Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau. JSA: Journal Sport Academy, 1(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/jsa.v1i2.17

Zaskia Oktaviana Sari, E. A. S. (n.d.). Pentingnya Kreativitas dan Komunikasi Pada Pendidikan Jasmani dan Dunia Olahraga. 97–110.