Upaya Meningkatkan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Kota Pontianak
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok Melalui Metode penerapan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas XI IPA 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kota Pontianak. Variabel yang terdapat dalam penelitian adalah variabel masalah dan variabel tindakan, variabel masalahnya adalah pembelajaran lompat jauh gaya jongkok, sedangkan variabel tindakannya adalah penerapan gaya mengajar resiprokal. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 yang berjumlah 30 siswa. Hasil peningkatan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok diperoleh dengan cara membandingkan nilai observasi dengan awal tes sebelum tindakan yang dikenal dengan “pra siklus”. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan, terdapat peningkatan nilai observasi siswa yang semula jumlah ketuntasan siswa dari pra siklus sebesar 31% kemudian disiklus I meningkat menjadi 61,11 % dan pada siklus kedua terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai 80,66% dari jumlah siswa sebanyak 36 orang. Kesimpulan dari penelitian ini metode penerapan gaya mengajar resiprokal terbukti dapat meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok yang cukup baik,yaitu mengalami peningkatan nilai siswa dalam disetiap siklusnya
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas (Edisi revi). Bumi Aksara.
Gunawan, Suhairi, M., & Daryanto, Z. P. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Lempar Turbo Dengan
Modifikasi Media Belajar Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Physical
Education and Sport Science, 2(1), 17–28.
http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/ijpess/article/view/216
Hadiqie. (2013). Menjadi Pemain Sepakbola Profesional. Kata Pena.
Hamalik. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Lutan, R. (1988). Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode (D. Dikti (ed.)).
Mashud. (2015). Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Era abad 21.
Jurnal Multilateral, 14(2), 89–114
Meilke, D. (2007). Dasar-Dasar Sepak Bola: Cara yang Lebih Baik Mempelajarinya. Pakar Jaya.
Onisimus. (2011). Manajemen Pendidikan di Era Onnotomi Daerah: konsep strategi dan implementasi. Alfabeta.
Panel;, Suhairi;, M., & Lauh;, W. D. A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola
Melalui Metode Bermain Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Siding Kabupaten
Bengkayang. Journal Sport Academy, 1(1), 17–32. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/jsa.v1i1.4
Robi Syuhada Istofian, & Amiq, F. (2016). Metode drill untuk meningkatkan teknik menendang Bola (
Shooting ) dalam permainan sepakbola usia 13-14 tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 1(1), 105–113.
Samsudin. (2014). Desain Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Litera Prenada Media Group
(ed.)).
Suhairi, M., Tangkudung, J., & Asmawi, M. (2020). The Need Analysis of Interactive Multimedia Program as the
Medium for Volleyball Subject. 21(Icsshpe 2019), 79–82. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.022
Suhairi, M., & Arifin, Z. (2022). Pengembangan Alat Drill Smash Bola Voli Berbasis Reaksi Menggunakan
Android. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 21(1), 71–86.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v21i1.12418 Alamat
Suhairi, M., & Dewi, U. (2021). Variasi dan Kombinasi Teknik Dasar Permainan Bolavoli untuk Pegangan Guru
dan Pelatih. Putra Pabayo Perkasa. https://doi.org/ISBN: 9786239538187
Supriatna, E., & Suhairi, M. (2021). Pengembangan Bola Soft untuk Mengembangkan Keterampilan Teknik
Dasar dan Koordinasi Gerak Bolavoli di Sekolah Dasar. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani
Dan Olahraga, 20(2), 83–101. https://doi.org/10.1080/10137548.2000.9687696
Susanto, Y. (2015). Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Metode Bermain Pada Siswa
Kelas IX B Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak. IKIP PGRI Pontianak.
Willi Susilo. (2014). Upaya Meningkatakan Kemampuan shooting melalui metode bermain Pada Siswa Kelas VIII Di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Raya. IKIP PGRI Pontianak